10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan!

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Namun, tahukah Anda bahwa selain dagingnya yang enak, susu dari mamalia ini juga tak kalah nikmat untuk dikonsumsi. Bukan hanya soal rasa, kandungan dan manfaat susu kambing murni dalam bentuk cair bisa menjadi pengganti susu sapi atau susu nabati lainnya.

 

Susu kambing memiliki jumlah kalsium, protein, dan zat lain yang penting bagi tubuh lebih tinggi daripada susu sapi yang umumnya dikonsumsi. Mengutip dari laporan United States Department of Agriculture (USDA) inilah ulasan tentang kandungan nutrisi dalam satu cangkir (237 ml) susu kambing dan juga susu sapi.

 

Menurut penelitian, perbandingan susu kambing vs susu sapi jelas menunjukkan bahwa kandungan kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan kalium susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Manfaat susu kambing ini karena bermanfaat untuk pencernaan manusia. Lebih mudah dicerna, dan mengandung lebih banyak prebiotik yang memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan kita.

 

Sayangnya, susu kambing yang murni beserta turunannya, sulit didapatkan di toko kelontong. Alasannya karena kapasitas produksi mereka jauh lebih sedikit dibandingkan sapi perah. Oleh karena itu tidak heran jika susu kambing memiliki harga jual yang lebih tinggi dari susu sapi.

 

Bagi Anda yang ingin mengganti asupan susu harian dengan susu kambing, berikut 10 manfaat susu kambing mentah dan olahan yang harus diketahui:

 

1. Sumber protein tinggi

Protein adalah salah satu asupan harian yang dibutuhkan tubuh Anda dalam jumlah besar untuk membuat jaringan tubuh, membentuk antibodi, dan merupakan sumber energi penting di samping lemak dan karbohidrat.

 

Susu kambing lebih kaya protein daripada susu sapi dan susu nabati. Jumlah protein pada susu kambing sekitar 9 gram sedangkan pada susu sapi 8 gram. Jika susu nabati seperti susu kedelai, mengandung sekitar 6-7 gram protein. Demikian juga, susu almond memiliki 0-1 gram protein.

 

Selain itu keju kambing juga dapat digunakan untuk memenuhi asupan protein harian dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Tentu saja itu juga sarat dengan sumber protein lain yang meliputi daging, telur, dan bahkan kacang-kacangan.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting yang membantu sistem kekebalan tubuh? Ya, mineral selenium yang terdapat pada susu kambing memang terkenal cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium di dalam tubuh bekerja sebagai antioksidan. Ini meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan. Dengan demikian, pentingnya selenium bagi kesehatan Anda tidak bisa diremehkan.

 

Karena kandungan selenium yang tinggi pada susu kambing akan meningkatkan ketahanan tubuh Anda terhadap segala kondisi lingkungan dan aktivitas. Ini juga membantu melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit. Menambahkan segelas penuh susu kambing ke dalam diet pilihan Anda dapat meningkatkan kekuatan tubuh dan membuatnya lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang yang minum susu mengeluh sembelit, diare, dan sakit perut. Namun, bukannya sehat, tubuh Anda justru akan menjadi lemas akibat mengonsumsi susu. Seringkali karena ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa dalam susu dengan baik karena alergi susu tertentu.

 

Susu kambing yang mengandung laktosa dan tinggi protein, dianggap lebih mudah dicerna oleh pencernaan dibandingkan susu dari sapi. Selain itu, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa susu kambing menyebabkan alergi lebih rendah dibandingkan susu sapi. Namun, alangkah baiknya bagi Anda yang memiliki riwayat alergi susu untuk berkonsultasi dengan ahli medis yang berpengalaman demi keamanan.

 

Prebiotik yang terkandung dalam susu kambing juga merupakan cara untuk meningkatkan kesehatan bakteri baik dalam saluran pencernaan, sehingga dapat mempertahankan tingkat normal atau bahkan tumbuh untuk membantu metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Bukan hanya sumber protein, alasan banyak orang mengonsumsi susu adalah untuk memenuhi kebutuhan asupan kalsium dalam tubuh. Hal ini sebagian disebabkan oleh pentingnya kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dalam kondisi yang baik.

 

Seperti yang Anda lihat dari tabel perbandingan nutrisi di atas 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing merupakan sumber kalsium sebesar 327 mg. Hingga 51 mg lebih banyak kalsium daripada susu sapi. Dengan demikian, menambahkan susu kambing ke dalam makanan akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan untuk anak-anak, yaitu sekitar 1.300 mg/hari.

 

Pada tahun 2014, sebuah penelitian di Rusia melaporkan bahwa pemberian susu kambing sebanyak 400 ml per

 

Siang hari bagi orang berusia di atas 42 tahun diyakini memiliki efek positif pada metabolisme tulang. Ini juga dapat membantu melawan osteoporosis bersamaan dengan terapi.

 

5. Menurunkan resiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling fatal dan mematikan. Untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, ada berbagai kebiasaan baik yang bisa diikuti, mulai dari berolahraga hingga menerapkan pola makan sehat, salah satunya denganmenambahkan susu kambing untuk diet sehat.

 

Susu kambing adalah sumber yang kaya asam lemak tak jenuh (tunggal dan ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang membantu mencegah berbagai bentuk dan jenis penyakit jantung.

 

Selain itu kandungan magnesium pada susu kambing juga baik untuk menjaga detak jantung normal dan mencegah kenaikan kadar kolesterol, sehingga jantung lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Untuk mewujudkannya, Anda perlu memperhatikan asupan kalsium harian Anda. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang tetapi kalsium juga dapat membantu perkembangan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dalam total penyerapan kalsium oleh tubuh kita, sebagian besar disimpan di gigi dan tulang. Kalsium ini dimanfaatkan untuk membuat jaringan gigi dan menjaga kesehatan gigi. Jika Anda tidak ingin gigi Anda tanggal dan menjadi rawan pembusukan, tingkatkan jumlah minuman dan makanan yang banyak mengandung kalsium.

 

Susu kambing bisa menjadi pilihan sumber kalsium untuk dikonsumsi sehari-hari. Jumlah kalsium yang terdapat pada susu kambing cukup untuk memenuhi 33% kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan. Ini lebih tinggi dari susu sapi yang hanya 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing memiliki asam linoleat yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Banyak penelitian menemukan manfaat minum susu kambing untuk menurunkan kadar kolesterol pada arteri dan kandung empedu.

 

Artinya, baik yang memiliki kadar kolesterol tinggi maupun yang memiliki kadar kolesterol yang terjaga bisa mendapatkan pilihan susu yang lebih aman untuk dikonsumsi.

 

Manfaat lain menggunakan susu kambing murni setelah mempertahankan kadar kolesterol normal adalah mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) dan stroke serta serangan jantung.

 

8. Menjaga kesehatan dan kehalusan kulit

Anda mungkin akrab dengan berbagai produk perawatan kulit yang dibuat dengan susu kambing termasuk sabun mandi atau lulur, losion, dan lainnya. Susu Kambing yang kaya akan asam lemak, asam laktat dan vitamin A dipercaya dapat memberikan nutrisi alami yang baik untuk kesehatan kulit.

 

Jika Anda menginginkan kulit mulus dan kulit mulus, produk berbahan dasar susu kambing mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Tingkat pH susu kambing sama dengan kulit manusia. Tidak akan membahayakan kulit dan aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

 

Selain itu asam laktat yang ada dalam susu kambing memberikan pelembab tertinggi pada kulit sehingga cocok untuk orang dengan kulit kering. Bahan lain seperti asam lemak dan vitamin A yang ada mengembalikan permukaan wajah dan juga mengangkat sel kulit mati.

 

9. Meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan sehingga lebih optimal.

 

Kebalikannya berlaku untuk jumlah produk susu sapi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dan tembaga saat dikonsumsi bersama dengan makanan lain.

 

Sehingga bisa dikatakan mengkonsumsi makanan yang dilengkapi dengan segelas susu kambing dapat membuat tubuh menyerap semua nutrisi yang dibutuhkannya tanpa membuang semuanya.

 

10. Anda akan tidur lebih nyenyak

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Pertimbangkan untuk meminum segelas susu kambing hangat, sebelum menutup mata dan pergi ke kasur.

 

Kandungan asam amino triptofan yang terdapat pada susu kambing mendukung produksi hormon serotonin tubuh. Serotonin adalah hormon yang penting untuk menjaga mood tetap stabil sekaligus meningkatkan relaksasi. Ini juga bertanggung jawab untuk membantu memproduksi hormon melatonin yang juga dikenal sebagai hormon tidur.

 

Oleh karena itu, meminum susu kambing sebelum tidur dapat membantu lebih cepat tertidur dan beristirahat dengan lebih nyaman.

 

Keunggulan susu kambing murni maupun produk olahannya sudah tidak diragukan lagi karena kandungan gizinya yang tinggi. dia. Keunggulan susu kambing dibandingkan susu sapi dan susu nabati juga telah dibuktikan secara ilmiah. Dimulai dengan kandungan protein, natrium, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang tinggi, tidak ada yang bisa mengungguli susu kambing. Tidak ada alasan untuk tidak khawatir menggunakan susu kambing untuk menambah kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

Banyaknya manfaat susu kambing murni akan membantu diri Anda dan anggota keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Ini bukan hanya cara yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga mampu mengurangi berbagai jenis penyakit mematikan, termasuk kolesterol, stroke, dan serangan jantung.

 

Selain menjaganya dari dalam, manfaat susu kambing yang murni juga demikian.

 

Jika dilihat dari luar, gigi yang sehat serta tampilan kulit yang sehat, lembap, dan kenyal semakin memastikan penampilan Anda selama menjalani rutinitas.

 

Walaupun mencari susu kambing yang murni tidaklah mudah, sudah ada beberapa peternakan terpercaya yang memproduksi dan menjual susu kambing beku, kaleng bahkan bubuk dengan harga yang bervariasi.

 

Biaya susu kambingtersedia di pasaran berkisar antara Rp. 44.000-85.000 per 200 gram untuk susu kambing murni bubuk dan Rp. 6.600 hingga 10.000 per 200ml untuk susu kambing segar atau beku.

 

Jika dibandingkan harga susu kambing dan sapi, memang bisa dua kali lipat lebih mahal. Namun, mengingat kandungan gizi susu kambing yang lebih banyak dari susu sapi dan susu vegetarian, kemungkinan besar biaya yang diberikan sebanding dengan manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton PT Unicon Precast Concrete: Solusi Terbaik untuk Menjaga Keamanan Lahan Perkebunan Anda

5 Oleh-Oleh Khas Singapura yang Sangat Terkenal

Update Macet Juwana Hari Ini, Pengendara dari Kota Semarang ke Pati, Berikut Jalan Alternatifnya